-->

Type something and hit enter

By On
advertise here
7 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas. Sobat blogger, sebagai seorang blogger ketika kita menulis artikel di blog, maka tentu kita harus mengoptimalkan setiap posting atau artikel blog kita untuk search engine atau mesin pencari google dan juga untuk pembaca blog tentunya, sehingga hal tersebut bisa meningkatkan ranking atau pringkat artikel blog kita di search engine google dengan beberapa optimasi SEO tersebut.

menulis konten berkualitas

Google memiliki algoritma yang secara otomatis mengurutkan blog atau website kita di search engine dengan mempekerjakan sebuah bot google, jadi setiap kali sobat menerbitkan atau mengupdate sebuah artikel baru di blog, maka secara otomatis bot crawler akan bekerja untuk merayapi situs atau posting sobat dan memeriksanya untuk mengindikasikan apakah artikel sobat berguna atau tidak berguna, Terkadang bot crawler tidak mengindeks beberapa artikel sobat yang menyiratkan bahwa artikel sobat mungkin tidak masuk akal dan itu bisa saja.
Dari pengamatan saya selama berkecimpung di dunia blogging, tak jarang saya menemukan banyak blogger di luar sana (terutama dari platform blogspot), yang memiliki blog dengan banyak artikel berkualitas dan berguna, namun entah mengapa saya menyadari bahwa artikel-artikel tersebut tidak mendapatkan banyak pandangan dan malah tidak sedikit pula yang artikelnya biasa-biasa saja malah mendapat peringkat dan mempunyai banyak pengunjung, mungkin faktor keberuntungan, namun yang jelas paling utama adalah faktor optimasi SEO yang bisa dilakukan.

7 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas


1. Tulis Judul Posting SEO Friendly

Judul posting dan deskripsi adalah dua hal yang muncul di hasil pencarian yang memaksa pengunjung untuk mengklik link artikel blog sobat,  untuk membaca postingan yang terdapat di situs sobat. Jadi pastikan judul posting tersebut mengandung kata kunci yang di targetkan, tuliskan dengan pendek, mudah diingat dan to the point. 

Sobat dapat menambahkan kata kunci fokus pada judul posting. hal ini dapat membantu untuk memberi tahu search engine seperti apa pos yang di infokan?

Contoh kata kunci dalam judul posting SEO friendly dan tidak, misalkan sobat menargetkan kata kunci "Menulis konten yang baik" Maka untuk menargetkan kata kunci tersebut kita harus to the point menempatkan target keyword di judul posting.

Relevan : "Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan SEO Friendly"
Tidak relevan : "Cara Menulis artikel yang baik dan benar rapih bisa meningkatkan Pencarian"

Sobat bisa melihat mana judul posting dengan kata kunci fokus dan judul posting yang menurut saya hanya basa basi, orang pasti akan tertarik dengan kata kunci yang to the point. 

2. Publikasikan Artikel dengan Kualitas Tinggi

Hal pertama yang harus sobat ingat, ketika sobat menulis sebuah artikel untuk blog, pastikan sobat mempublikasikan artikel yang berkualitas dan original. Sebaiknya sobat tidak menjiplak artikel atau konten orang lain, selain tidak baik, hal ini juga beresiko situs sobat terkena hukuman google.

Artikel dalam sekian persen harus kaya kata kunci dengan paling banyak 3% dari kepadatan kata kunci. Dan  tulis artikel minimal harus 400-500 kata atau lebih dari itu, karena google suka dengan artikel yang didefinisikan dengan baik untuk para pengunjungnya.

3. Optimasi Pada Gambar Posting

Salah satu optimasi yang di rekomendasikan untuk relevansi pencarian posting dan gambar adalah dengan cara menambahkan tag alt dan tag judul, sobat hanya perlu mengklik pada gambar >> Properties >> tambahkan tag alt dan tag judul di dalam kotak atau selengkapnya sobat bisa lihat di artikel saya disini  Optimasi SEO Menambahkan Alt Tag teks Pada Gambar

6 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas
Kompres ukuran gambar - kompres gambar untuk mengubah ukuran gambar agar beban loading blog sobat lebih cepat. sobat bisa melakukannya dengan menggunakan tool online Tinypng.com

Ubah nama gambar - Sebelum mengupload gambar apapun untuk blog pastikan sobat telah mengganti nama gambar ini dengan nama yang sesuai dengan judul posting.



4. Penempatan Kata Kunci


Menurut moz.com penggunaan kata kunci fokus harus muncul dalam 100-150 kata pertama (paragraf 1) dari artikel tersebut.

Jika sobat tidak menetapkan deskripsi pencarian untuk halaman, Google akan secara otomatis mengambil 100-150 kata awal dari artikel blog sobat sebagai deskripsi pencarian. lebih bagus juga sobat menambahkan deskripsi dalam artikel sobat.

Saya sarankan sobat untuk menggunakan hanya satu kata kunci yang ditargetkan dalam sebuah pos. Jika sobat menargetkan beberapa kata kunci dalam satu pos, maka akan sulit bagi mesin pencari untuk mengidentifikasi pos atau artikel sobat.


5. Optimalkan Setting Posting Blog


Di sisi kanan editor pos, sobat akan melihat bagian " Pengaturan pos ". Dengan pengaturan tersebut sobat bisa memperbaiki mengubah untuk bisa lebh di optimalkan agar lebih SEO dari posting blog sobat bisa menambahkan label posting blog, permalink, deskripsi pencarian dll.

Setelah menulis postingan, sobat harus mengedit 3 setting penting untuk meningkatkan SEO artikel kita yang telah saya jelaskan di bawah gambar ini.

6 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas
  1. Menambahkan label berfungsi untuk keterkaitan artikel dengan label yang sama
  2. Permalink, jadikan permalink lebih seo dengan panjang dan fokuskan ke hanya kata kunci
  3. Deskripsi penelusuran, yang muncul di halaman pencarian google, pastikan terdapat kata kunci yang di targetkan

6. Penggunaan Tag Bold dan Italic

Kebanyakan probloggers menggunakan tag tebal dan miring atau bold, italic untuk menyorot kata kunci. Dan saya menyarankan agar sobat menggunakannya di posting blog secara efektif.


7 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas



Menggunakan tag tersebut berguna untuk menyoroti kata kunci yang ditargetkan atau teks penting dalam konten atau artikel blog kita dan akan membantu meningkatkan peringkat di search engine. juga membantu mengurangi tingkat bouncing.

7. Penggunaan Format Tag Heading


Penggunaan tag heading, berfungsi untuk menekan kata kunci yang di targetkan dan melihat artikel sobat lebih relevan, penggunaan format tag ini di percaya untuk meningkatkan SEO dalam kata kunci yang di tandai tag tersebut.


7 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas

2 komentar

avatar

Artikel bagus, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.. Terimakasih.

avatar

awesome article plz help about html changes in blogger theme
http://www.khevednersingh.website

Click to comment