-->

Type something and hit enter

By On
advertise here
Optimasi Tag Tajuk Robot Khusus / Tag Header Blogger. Hallo sobat blogger, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang fungsi atau setingan yang tertera pada blogger dan mungkin sobat juga tidak banyak yang tahu tentang fungsi setiap element tersebut yaitu settingan tag header atau tag tajuk robot khusus.


Optimasi Tag Tajuk Robot Khusus / Tag Header Blogger

Apa sobat pernah tahu tentang robot pencari? Sebuah robot yang bertugas untuk mengenali setiap update di situs kita yang bekerja dengan apa yang disesuaikan terhadap tag setting yang sudah kita atur di settingan tag tajuk robot atau tag header tersebut.
Sobat dapat mengkomunikasikan dengan crawler untuk meningkatkan dan mengurangi visibilitas pencarian. dengan apa yang sudah kita sesuaikan di settingan tersebut. mari kita bahas lebih sedikit mendalam :)

Cara Mengatur Custom Tag Tajuk Robot / Tag header di Blogger?

Jika sobat adalah pengguna blogger yang mementingkan kinerja blogger untuk meningkatkan eksposur di mesin pencari dan ingin meningkatkan pengunjung organik (google) sehingga hal tersebut bisa maksimal.

Jika demikian, maka saya sarankan sobat bisa mengikuti panduan ini dan memaksimalkan kinerja robot tag header untuk visibilitas maksimum di mesin pencari (terutama untuk blog yang masih baru).

Sebelum mengenal proses untuk setting tag tajuk robot header atau tag header pada Blogger, Sebelumnya kita harus mengenali penggunaan dari setiap tag yang tertera di settingan tag tajuk robot atau tag header tersebut.


Custom Robot Tag  Header dan Kegunaan-nya

Di Blogger, Sobat akan melihat sebuah tag dan setiap kegunaan dari setiap point tag tersebut
  1. ALL - Jika sobat  mengatur pada tag ini, Berarti bot crawler tidak terkait dengan pencegahan atau kendala apapun, jadi sobat membebaskan bot crawler untuk merengkak / merayapi dan mengindeks konten sobat.
  2. Noindex - Pada tag ini, sobat bisa mengatur untuk hal pemberitahuan kepada publik, misalkan jika sobat ingin URL blog sobat agar tidak dapat bisa dicari di pencarian google, jadi pada tag noindex ini, secara langsung sobat dapat mencekal robot mesin pencari untuk mengindeks blog sobat dengan menggunakan pada tag noindex tersebut.
  3. Nofollow - Nofollow dan dofollow adalah sebuah link keluar : Dofollow adalah sebuah tag robot default untuk perayapan semua link yang keluar, itu berarti mesin pencari atau bot crawler dapat merayapi semua halaman yang terkait dengan tag doffolow tersebut. Namun tag nofollow sebaliknya, jika sobat menyesuaikan agar mesin pencari atau bot crawler tidak ingin merayapi atau melihat link tersebut, maka sobat bisa menambahkan tag nofollow tersebut, semoga anda paham dengan kegunaan dua tag ini.
  4. None - Berarti  tidak menggabungkan kedua fitur tersebut dari kedua tag ini yaitu tag noindex dan nofollow, maka crawler tidak akan mengindeks halaman sobat atau skim melalui link.
  5. Noarchive - Mungkin sobat memperhatikan label cache dengan sebagian besar link website di serps. Hal ini menunjukkan bahwa Google telah menangkap salinan situs sobat atau sebuah duplikat sebuah halaman. maka fungsi tag noarchive adalah mematikan versi cache di halaman pencarian.
  6. Nosnippet - Adalah penyesuaian atau potongan teks di hasil pencarian untuk membantu orang menemukan apa yang ada di halaman web kita. Seperti jika sobat ingin menyimpan konten eksklusif, Sobat dapat mengubah tag header pada bagian ini.
  7. Noodp - Bisa disebut Open Directory Project atau Dmoz adalah sebuah direktori  website buatan manusia. Google menggunakan informasi kadang-kadang dari hal ini. Sobat dapat mematikannya dengan tag ini jika sobat ingin.
  8. Notranslate - Apakah sobat ingin menonaktifkan terjemahan di situs Sobat? maka tag inilah fungsi dari tag tersebut.
  9. Noimageindex - Untuk agar google tidak bisa merayapi atau tidak mengindek gambar yang ada dihalaman atau situs sobat.
  10. Unavailable_after - Di Blogger, Sobat akan mendapatkan lhal yang tepat untuk tag ini. Jadi, halaman web akan deindexed setelah waktu yang ditentukan.

Cara Setting Custom Robot Tag Header atau Tag Tajuk Robot?

Seperti yang sobat tahu, kita berbicara tentang pengaturan robot tag header pada blogger. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melanjutkan cara bagaimana mengaturnya.

1. Buka akun blogger sobat.
2. Lalu pergi ke Pengaturan >> preferensi Search. Di sana sobat dapat melihat pengaturan yang disebut Custom Robot Tag Header atau Tag Tajuk Robot Khusus. Klik link Edit di sebelah kanan.

Optimasi Tag Tajuk Robot Khusus / Tag Header Blogger

3. Pada langkah ini sobat akan melihat sebuah kota denga satu set kotak centang berisi sebuah point atau tag dengan isi apa yang sudah saya jelaskan di awal, dengan nama dan setiap fungsi dari setiap tag tersebut, silahkan sobat bisa menyesuaikan apa yang sobat butuhkan atau sobat bisa mencentang apa yang sobat lihat di gambar tersebut, jika ada kebutuhan lain sobat dapat menambahkannya dan silahkna klik simpan perubahan

Optimasi Tag Tajuk Robot Khusus / Tag Header Blogger

Oke sobat, saya rasa cukup sampai disini untuk artikel dan penjelasan tentang Cara Optimasi Tag Tajuk Robot Khusus / Tag Header Blogger Untuk lebih dan kurangnya saya minta maaf, jika ada pertanyaan silahkan untuk berkomentar.

2 komentar

Click to comment