-->

Type something and hit enter

By On
advertise here
7 Tips Dasar SEO On Page Untuk Blogger. Sobat blogger, Search Engine Optimization (SEO) mempunyai peran yang sangat penting untuk kemajuan blog yang kita kelola kedepannya dan untuk kita bisa bersaing di serp google, maka jika sobat mempunyai blog dan tanpa melakukan optimasi SEO blog yang tepat, jangan harap anda bisa mendapatkan pengunjung dari search engine google.

Pada kesempatan kali ini juga saya ingin berbagi beberapa tips kepada sobat tentang tips-tips dasar optimasi SEO On Page..
namun sebelumnya apa sih pengertian dari Search Engine Optimization (SEO) On Page itu sendiri?


7 Tips Dasar SEO On Page Untuk Blogger


Apa pengertian dari SEO On Page itu?

Dalam optimasi search engine, optimasi SEO on-page mengacu pada faktor-faktor yang memiliki efek pada situs Web atau halaman Web listing di hasil pencarian organik. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh kita sendiri pada halaman web, seperti dengan coding pada blog Anda. misalkan contohnya optimasi on-page termasuk dengan kode aktual HTML, meta tag, title tag dan penempatan keyword atau kepadatan kata kunci (keyword) pada blog.

Mungkin untuk para master, SEO On Page sudah jadi hal yang mudah untuk melakukannya apalagi untuk tips yang saya bagikan sekarang, namun untuk blogger newbie yang baru saja mulai belajar SEO untuk blog mereka. Semua tips yang saya bagikan bisa jadi pembelajaran dasar untuk kemajuan blog kedepannya dan mungkin suatu keharusan untuk mengetahui dasar-dasar pembelajaran SEO.

Berikut beberapa tips dasar SEO yang bisa anda terapkan di blog sobat dan bermanfaat untuk mengoptimalkan blog yang sobat kelola.


7 Tips Dasar SEO On Page Untuk Blogger


# 1 Meta Deskripsi

Banyak seorang blogger  lupa untuk menyertakan meta deskripsi pada halaman artikel blog mereka, Deskripsi ini merupakan hal yang paling penting untuk memasukan kata kunci (keyword)  yang relevan pada sebuah artikel, karena hal ini berguna dalam hasil pencarian saat halaman anda tertera di search engine.

Baca : Cara Menambahkan Meta Description Pada Blog dan Posting

Seperti contoh jika judul artikel anda "cara membuat ayam goreng"  maka deskripsi yang baik dan terkait dengan judul halaman untuk halaman tersebut seperti : ayam goreng gurih, ayam goreng lezat, resep ayam goreng, maka hal ini akan menjadi meta deskripsi yang berguna untuk mengembangkan frase kata kunci halaman artikel anda dengan kata kunci tertentu


Meta Deskripsi


# 2 Kustom Robots.txt

Search engine bots seperti Googlebot (Web Crawling Robot dari Google) membutuhkan beberapa panduan tentang bagaimana bot harus merayapi dan mengindeks blog kita. Kita bisa mencegah beberapa halaman yang tidak penting seperti pada label halaman dari pengindeksan di Google untuk melindungi blog kita dari masalah duplikat konten .

Baca Juga : Cara Setting Robots.txt Blog SEO Friendly


Kustom Robots.txt


# 3 Optimasi Pada Judul Post 

Jika Anda baru membuat blog dan anda menggunkan template  default blogger atau bawaan dari blogger, maka dalam hal ini Anda pasti  tidak akan menyadari bahwa judul posting Anda tidak benar dan tidak dioptimalkan dengan baik mesin pencari google. Dalam hal ini anda perlu melakukan beberapa editing di template blog Anda untuk membuat judul posting Anda bisa di tempatkan dengan benar bisa dioptimalkan.


Optimasi Pada Judul Post


# 4 Optimasi SEO Pada Gambar

Menggunakan gambar secara visual bisa membantu pembaca memahami topik yang anda bahas dengan petunjuk sebuah gambar, dan juga menghilangkan ke bosanan dalam membaca, setidaknya ketika anda memberi contoh jika di sinkronkan dengan sebuah gambar yang berkaitan, maka akan terlihat lebih mudah di pahami dan menjadi petunjuk yang tidak membosankan, dan jangan lupa untuk menggunakan tag alt teks dan deskripsi untuk gambar tersebut untuk optimasi search engine dalam pencarian gambar.

Baca : Optimasi SEO Menambahkan Alt Tag teks Pada Gambar

Optimasi SEO Pada Gambar

# 5 Internal Linking (SEO)

Internal link adalah sebuah saran link atau link yang masuk ke halaman artikel lain di blog anda entah itu artikel baru ataupun lama yang berkaitan, namun banyak blogger yang tidak memanfaakan atau mengoptimalkan link internal artikel mereka atau bahkan mereka tidak menautkan artikel mereka pada artikel satu sama lainnya secara internal. Menurut saya ini kesalahan besar yang harus kita hindari. Internal linking tidak hanya meningkatkan tampilan halaman blog kita tetapi juga membantu postingan kita untuk bisa mempunyai peringkat yang baik di mesin pencari. Jika Anda juga melakukan kesalahan yang sama, maka Anda harus perlu beberapa tips untuk mengoptimalkan link internal ini.


# 6 Keyword Density

Memasukan kata kunci atau keyword yang relevan di seluruh isi konten anda adalah hal yang sangat penting, karena membantu search engine mengetahui mana kata yang lebih di tekan dan mana kata yang paling menonjol pada artikel kita, namun perlu di ingat, untuk tidak berlebihan mengulang kata kunci karena ini akan di anggap spam oleh bot crawler dan pembaca juga merasa tidak nyaman dengan artikel anda yang aneh. saya sering sekali menemukan hal ini, yang perlu di ingatakan adalah anda menulis konten untuk pembaca dan search engine, jadi perlu adanya keseimbangan.


# 7 Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Jika hanya ingin membuka blog anda harus membutuhkan waktu yang sangat lama, maka saya jamin pengunjung akan membatalkan mengunjungi blog anda dan tidak pernah mau kembali lagi. dan sudah pasti ini akan buruk untuk SEO, karena hal ini akan meningkatkan tingkat bouncing pada blog anda dan sudah pasti anda akan banyak kehilangan visitor yang sangat berharga. 

Baca : Pentingnya kecepatan Loading Blog untuk SEO

Search engine memberikan nilai lebih untuk blog yang memiliki kecepatan blog yang ringan, karena mereka ingin memberikan hal terbaik bagi visitor. Itulah mengapa sangat penting untuk mengoptimalkan waktu loading pada blog anda.

Nah itulah beberapa tips dasar bagaimana kita bisa melakukan pengoptimalan pada blog kita denga cara SEO ON PAGE..

Oke sobat blogger,  Semoga sukses untuk blog anda.

6 komentar

avatar

Bagai mana Langkah langkah melakukan internal link

avatar

Buatlah sebuah teks link artikel terkait dalam posting kita, seperti halnya related post..
saya pun sebenarnya belum mlakukan hal tersebut karena blog saya masih baru.

avatar

trims artikelnya tambah pengetahuan tentang SEO buat kami yg masih newbie

avatar

bikin tutorial setting tag tajuk robot khusus dong

avatar

Thanks for sharing these 7 tips, really helped me a lot. Keep posting the seo tips in future. The post like this can make a seo beginner to a SEO Expert.

Click to comment