-->

Type something and hit enter

By On
advertise here
Cara Membuat Blog SEO Friendly
6 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly. Sobat Blogger, kalo berbicara masalah optimasi SEO blog memang tidak ada habisnya, bagaimana cara agar blog kita bisa tampil di halaman pertama google, untuk itu pada artikel saya kali ini, saya ingin membantu bagi sobat yang masih pemula untuk mengetahui bagaimana cara terbaik mengoptimalkan situs blog kita untuk hasil SEO yang lebih baik dan di posting ini saya akan berbagi beberapa tips atau cara terbaik agar membuat blog sobat bisa lebih optimal dalam SEO.

Mari saya mulai dengan memberi sobat contoh kasar tentang bagaimana Google SEO bekerja.

Google telah mengembangkan algoritma otomatis yang bisa memberi peringkat pada situs sobat. Google mengirimkan apa yang disebut "bot spider" untuk "merayapi" situs kita dan memeriksanya lebih dari 100 indikator yang menentukan apakah situs kita ini berharga atau sama sekali tidak berguna. Indikator ini mencakup hal-hal seperti backlink, usia domain, traffic, konten fresh, dll.

SEO adalah seni untuk memastikan bot spider itu senang dengan apa yang mereka temukan di situs kita. Hal ini adalah bidang yang sangat kompleks yang terus berubah.  namun dalam beberapa hal ada beberapa konstanta yang tetap berlaku sejak awal, apa saja hal itu?


6 Cara Terbaik Membuat Blog SEO - Panduan Dasar SEO 


Panduan ini saya rekomendasikan untuk seorang pemula agar mengetahui dasar-dasar SEO bloging, saya harap beberapa tips ini dapat membantu situs sobat bisa maksimal dalam pencarian google dan bisa mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan SEO yang baik.

1. Optimalkan SEO dengan Konten original / Asli


Sobat harus ingat bahwa keseluruhan tujuan Google adalah memberikan hasil pencarian yang relevan dan berguna kepada pelanggan atau audiens mereka.

Dan, untuk bersikap realistis, hal terpenting yang dapat sobat lakukan untuk SEO adalah membuat konten yang bermanfaat secara besar-besaran yang dapat memecahkan masalah orang tersebut. Jika sobat bisa memecahkan masalah yang dicari orang dalam konten sobat, kemungkinan besar konten sobat akan dibagikan ke media sosial dan mendapatkan peringkat di Google.

Hal ini adalah untuk membangun hubungan dengan pembaca situs kita dengan membantu mereka keluar dari masalahnya. Ini berarti lebih banyak sharing dan bisa menghasil peringkat yang lebih cepat pada SERPS (posisi search engine ranking)


2. Membangun Backlink Relevan Dengan Cara Alami

Jika sobat seorang pemula yang baru memulai SEO, mungkin sobat tahu sedikit tentang yang namanya backlink . Backlink adalah link satu situs web dari situs yang lain. Backlinks membuat dampak besar pada keunggulan situs web dalam hasil mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa backlink dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO sebuah situs web. Mesin pencari menghitung rangking dengan menggunakan beberapa faktor untuk menampilkan hasil pencarian namun..?

Tidak semua backlink diciptakan degan sumber yang sama dan benar. Beberapa hal yang perlu diketahui:

Jangan pernah membelinya saya sering sekali melihat tentang seseorang untuk sebuah keuntungan SEO untuk perusahaan atau yang lainnya. Dia membeli beberapa backlink murah pada nama domain dengan harga ratusan bahkan jutaan dan hal buruknya adalah kita mendapatkan backlink yang sumbernya dilarang oleh Google. Jangan pernah membeli backlink. 

Sumber backlink itu sangat penting darimana sumber backlink yang memberi situs kita backlink tersebut, jangan sampai kita mendapatkan backlink rendah dari sumber situs yang mempunyai reputasi buruk di mata google namun sebaliknya jika sumber backlink adalah bersumber dari nama domain yang sudah punya usia dengan rangking yang bagus dimesin pencari, maka satu link saja dari situs tersebut lebih bagus dari nama domain otoritas (.edu dan .gov) daripada seribu backlink yang tidak jelas sumbernya.

Jangkar teks / Achor text itu penting - Anchor text adalah kata-kata yang digunakan sebagai link. Sebagai contoh, misalkan saya menggunakan "anchor text" sebagai kata "Anchor text". maka jika sobat ingin hal ini relevan dengan kata kunci yang sobat targetkan.

Maka cara terbaik untuk membangun backlink berkualitas adalah dengan menulis konten berkualitas dan kemudian sobat posting di situs tamu di blog terbaik di niche yang sama dengan situs kita dan meletakan anchor text tersebut yang mengarah ke situs kita. Inilah strategi blogging yang masih sangat bekerja dengan baik.

Namun ingat, backlink ke konten SENDIRI juga sangat penting. Lihat berapa banyak link yang saya miliki untuk mengarah ke artikel saya sendiri di posting blog ini?

3. Pastikan Template juga dioptimalkan dalam hal SEO

Mengoptimalkan template dalam hal SEO itu penting karena membantu memberi indikator Google bahwa situs sobat dapat di percaya. Ini juga membantu Google menemukan konten situs sobat. Beberapa hal yang dapat sobat lakukan untuk pengoptimalannya:

  • Mobile FriendlyJika blog sobat tidak responsif pada tampilan ponsel, sobat akan kehilangan banyak pengunjung karena Google memprioritaskan situs seluler untuk orang yang melakukan pencarian di smartphone.
  • Bersihkan kode - Pastikan template sobat terdapat kode untuk memastikan agar hal tersebut mudah dibaca oleh bot spider Google yang ingin melihat apakah situs sobat memiliki semua elemen situs web yang bagus.
  • Fast loadingSebuah situs dengan memuat loading yang cepat adalah baik untuk pengunjung yang datang dan dengan demikian baik pula untuk Google. Pastikan template sobat terlihat menarik dan beban memuat loading bisa dengan cepat. Sobat bisa mengceknya "disini
  • Tidak ada link yang rusak - Pastikan sobat membersihkan link-link yang rusak dan pastikan navigasi situs sobat juga bekerja dengan baik.


4. Perbaiki struktur permalink

Permalinks adalah bagaimana orang menemukan situs blog sobat dan posting internal dan halamannya. 
misalkan dalam posting ini contohnya

ROOT: oktavialie.blogspot.com/
EXTENSION: cara-membuat-blog-seo-friendly.html


Sangat penting untuk memiliki struktur permalink yang baik. Sobat dapat mengubahnya di Blogger dengan menjalankan SETTINGS> PERMALINKS dan mengutak-atik opsi. 


6 Cara Terbaik Membuat Blog SEO Friendly


5. Pasang sitemap

Salah satu hal yang dapat sobat lakukan adalah mensubmit sitemap yang memberikan peta lengkap semua posting, halaman, dan arsip. Yang paling umum yang digunakan orang adalah seperti contoh di artikel ini "Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools dan Cara submit Blog Ke Bing Webmaster Tools"

Dengan hal tersebut secara otomatis dapat menghasilkan peta situs untuk situs sobat secara berkala dan kemudian mengirimkannya ke Google, Bing, dll atas nama sobat. Secara harfiah memberi mereka peta situs sehingga dapat mengindeks denan baik.


6. Berkomentar di blog orang lain


Salah satu strategi SEO saya adalah berisi komentar di blog otoritas lainnya . Sobat tidak hanya mendapatkan lebih banyak pengunjung, keterpaparan dan hubungan baru dengan  blogger yang lain, ini juga penting sebagai backlink.

Di beberapa blog, Sobat bisa meninggalkan anchor text target dengan menggunakan open id dan nama pengguna. Tapi di kebanyakan blog memang banyak yang mengharuskan menggunakan nama asli.

Nah sobat blogger, jika ada tambahan lain tentang bagaimana cara membuat blog kita lebih SEO , sobat bisa menbahkan dan berdiskusi di kolom komentar, oke lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Click to comment